Posted by : Masih Kuliah Rabu, 18 Februari 2015

Aktivitas padat kita sehari-hari kadang mengharuskan kita untuk meninggalkan kegiatan yang di anggap kurang penting untuk di lakukan. Beberapa orang dalam aktivitasnya yang padat harus meninggalkan kebiasaan makan pada pagi hari atau biasa kita sebut sarapan yang di anggap kurang penting dan membuang waktu. Namun, apakah benar sarapan itu tidak penting ?

Tentulah itu salah, umumnya pagi hari merupakan waktu dimana peralihan saat tubuh manuasia beristirahat menuju tubuh akan beraktivitas, yang di mana pada kondisi saat itu energy dalam tubuh manusia berada pada ambang minimum karena telah di gunakan pada aktivitas sebelumnya. Maka dari itu sarapan penting sebagai asupan energy pertama sebelum melakukan aktivitas.
Menurut riset yang dimuat dalam artikel Food and Feeding Resourch Action 2014, sarapan pagi juga meningkatkan prestasi siswa di sekolah. Dalam riset tersebut menerangkan bahwa ; 1) Anak-anak yang makan sarapan lengkap membuat kesalahan lebih sedikit dan bekerja lebih cepat dalam matematika dan tes angka di bandingkan anak yang tidak sarapan,2) Anak-anak yang makan sarapan menunjukan peningkatkan fungsi kognitif , perhatian , dan memory,3) Anak-anak tampil lebih baik pada tes kosa kata dan mencocokkan angka-angka setelah sarapan.
Sarapan juga merupakan cara untuk mencegah diabetes. Pada saat kita melalaikan sarapan sebelum beraktivitas tentunya energy yang ada pada tubuh kita semakin minim, sehingga pada saat makan pada siang hari atau makan pada waktu selanjutnya, tubuh kita membutukan makanan yang lebih untuk memenuhi kebutuhan energy. Sehingga pancreas yang menghasilkan  hormone insulin akan bekerja lebih keras untuk mengsekresikan glukosa/gula dari makanan yang banyak tadi menjadi energi. Bila ini terjadi secara terus menerus akan menyebabkan penurunan kinerja pancreas dalam mengsekresikan gluosa/gula dalam tubuh. Sehingga gula dalam darah akan meningkat.
Mungkin beberapa orang akan beralasan tidak sarapan di karenakan tidak memiliki nafsu makan, oleh karena itu pemilihan sarapan yang enak tapi sehat merupakan hal yang penting untuk membangun nafsu makan tersebut. Dan yang pertama adalah Pisang, selain di rasanya yang manis serta mengandung serat dan karbohidrat yang cukup untuk kebutuhan energy serta baik pula bagi penderita hipertensi. Yang kedua yaitu omelet atau telur dadar, yang mengandum protein tinggi dipercaya membuat tubuh lebih kenyang dan tahan lama di banding karbohidrat. Dan yang terakhir roti+selai kacang,yang dimana selai kacang memiliki kalori yang tinggi (100 kalori per 1 sendok),dan ternyata selai kacang dapat menjadi pilihan alternatif dari sumber protein yang di butuhkan tubuh anda di pagi hari.

Dalam aktivitas kita yang padat,memang di butuhkan efisiensi dalam penggunaan waktu. Namun dengan alasan tersebut harusnya kita tidak mengindahkan kebutuhan tubuh kita yang sangat penting dan kinerjanya juga akan  berpengaruh pada aktivitas kita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Masih kuliah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -